Pemain UB, Satya Dharma (20) berusaha memblok lemparan Mahendra (13) dalam pertandingan semifinal Liga Mahasiswa yang berlangsung di GOR Pertamina UB (1/2).
Pemain UB, Satya Dharma (20) berusaha memblok lemparan Mahendra (13) dalam pertandingan semifinal Liga Mahasiswa yang berlangsung di GOR Pertamina UB (1/2). (Dok. Efrem)

MALANG.KAV-10. Tim basket putra Universitas Brawijaya (UB) secara mengejutkan menang 73-67 atas tim basket putra Universitas Airlangga (UA), Surabaya dalam laga semifinal Liga Mahasiswa (Lima) yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Pertamina UB, Sabtu, (1/2)

Kemenangan ini merupakan kemenangan fantastis, karena UB tidak pernah memimpin skor dalam 3 kuarter awal pertandingan. Bahkan, pada paruh waktu kuarter terakhir UB masih tertinggal 7 angka atas UA.

Suasana berubah, saat UB berbalik unggul 68-67 satu menit sebelum pertandingan selesai. UA sendiri bukan tanpa perlawanan, namun pelanggaran dan beberapa turnover yang dilakukan para pemainnya, membuat UB leluasa membangun serangan hingga kuarter keempat berakhir.

Mental dan kerjasama tim yang baik menjadi kunci keberhasilan UB meraih kemenangannya atas UA. Kontribusi Ardhika Ryan, Suratman Yuki, dan Satya Dharma memberi 49 angka kepada UB turut andil dalam membangun kepercayaan diri tim UB. “Secara pribadi, saya tidak ingin menyebutkan satu nama yang berperan besar di tim ini. Saya melihat semua pemain sama baiknya,” ucap Iwan, pelatih tim basket UB.

Skor 73-67 membawa UB berhadapan dengan Universitas Surabaya (Ubaya) dalam laga final, Minggu, (2/2)

Tim Basket Putri UB gagal menuju final

Keberhasilan tim basket putra UB menuju final Liga Mahasiswa tidak diikuti oleh tim putrinya. Dalam pertandingan yang digelar Sabtu sore (1/2), tim putri UB harus mengakui keunggulan tim putri Ubaya dengan skor akhir 74-43 untuk kemenangan Ubaya. Secara permainan juga, tim putri UB, masih kalah unggul dari Ubaya.

Dari statistik permainan, tim putri UB hanya memasukkan 14 kali lemparan dari 73 kali lemparan (19%), 9 kali dari 28 kali free throws (32%), dan 5 assists. Sementara Ubaya  sedikit lebih baik, 29 kali memasukkan dari 79 kali lemparan (33%), 14 kali dari 18 kali free throws (78%), dan 18 assists.

Ubaya sendiri akan bertemu UA pada laga final yang juga diselenggarakan pada hari Minggu (2/2) di GOR Pertamina UB. (eff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.