Photo0441

MALANG-KAV.10 Sebagai bentuk sosialisasi dan upaya mengangkat kembali seni dan budaya bangsa, Asta Cipta Perupa Malang Art (ACPM Art) menggelar pameran lukisan dengan tema “Inspirasi Ekspresi Berkesenian”. Acara ini resmi dibuka oleh Walikota Malang, Mochamad Anton (14/2). Pameran lukisan ini digelar di Gedung Ken Arok Perpustakaan Kota Malang dan akan berlangsung hingga tanggal 21 Februari 2014.

Diakui Bambang Randhika Santoso, Ketua Penyelenggara Pameran ini, bahwa apresiasi terhadap kesenian di Malang terutama untuk kesenian lukis masih kurang sekali. Hal tersebut juga diungkapkan Sadikin Pard, pelukis kaki yang juga tergabung dalam ACPM Art dan AMFPA Swiss (Association Of Mouth And Foot Painting Artists), ‘’Apresiasi terhadap seni lukis di Malang belum begitu memuaskan, dibutuhkan juga perhatian dari teman-teman pers untuk ikut mengangkat kembali seni dan budaya.’’ Ungkapnya. Sadikin juga berharap agar kedepan pelukis tetap mendapat perhatian. Sebab lukisan merupakan nafkah bagi sebagian pelukis.

Pameran lukisan “Inspirasi Ekspresi Berkesenian” memamerkan 54 buah lukisan dari 26 pelukis asal Malang. “Saya mengundang pecinta seni maupun kolektor lukisan dimanapun berada untuk berkenan hadir dan barangkali berkenan mengoleksi salah satu lukisan dari putra-putra Malang,” ajak Bambang. Dalam pameran lukisan kali ini ACPM Art sebagai penyelenggara bersosialisasi dengan Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Kota Malang.

Bambang menyatakan selain membawa misi budaya, pameran ini juga memiliki misi sosial. Sebab jika ada peminat seni yang tertarik untuk membeli lukisan-lukisan tersebut maka sebagian hasil penjualannya disumbangkan kepada YPAC Kota Malang. “Jika ada peminat seni lukis yang tertarik dan harganya cocok ya (lukisan) dilepas, lalu 40% dari penjualan lukisan akan disumbangkan ke YPAC,” kata Bambang yang menggunakan nama “Simbah” untuk menandai lukisan-lukisan karyanya.(ain)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.