“BATARA” : Arsitektur Berkarya

20140117_115239
Salah satu karya mahasiswa baru Arsitektur yang menghiasi ruangan pameran BATARA
(foto oleh Hesti K.W)

Malang-KAV.10 “Batara” yang merupakan akronim dari Bahari Nusantara, tema pameran yang diusung oleh Mahasiswa Baru Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB). Gedung Arsitektur Fakultas Teknik UB dipilih menjadi lokasi acara Batara, ruangan tersebut disulap menjadi sebuah galeri pameran. Acara tersebut berlangsung selama lima hari dari tanggal 13-17 Januari 2014.

Bahari Nusantara tahun ini bertujuan untuk mengeksplorasi keindahan laut yang ada di Indonesia, dengan berbagai biota laut yang ada. Memamerkan hasil karya Dwi Matra (2 Dimensi) dan Tri matra (3 Dimensi). Mereka (Maba Arsitektur, red) mengkreasikannya ke dalam bentuk-bentuk visual yang berasal dari bahan baku seperti ; karton, rotan, dan alumunium. Selain untuk memamerkan kreatifitas yang mereka miliki, pameran ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas akhir dan sebagai bahan evaluasi selama menjalani perkuliahan semester pertama.

Pameran Arsitektur Mahasiswa Baru memang sudah menjadi kegiatan rutin setiap akhir tahun ajaran semester ganjil, biasanya pameran ini hanya memamerkan hasil karya dari Mata Kuliah Desain Matra, “Tahun ini pameran juga memasukkan karya-karya terbaik dari mata kuliah-mata kuliah yang berhubungan dengan teknik menggambar arsitektural,” ucap Merdi Zuhendra ketua pelaksana acara pameran mahasiswa baru arsitektur.

Selain pameran karya-karya dari mahasiswa baru, dalam pameran ini juga diadakan lomba fotografi dari kalangan umum dan penampilan akustik ,“ biar tidak bosan makannya kita ngasih penampilan akustik, tapi ya tetap fokusnya ke pameran,” ungkap Astried Kusumaningrum selaku koordinator acara.

Acara ini cukup menarik perhatian dari kalangan luar Fakultas Teknik UB terbukti dengan membludaknya pengunjung pameran, “Kita masang target awal sekitar 1200-an pengunjung tapi sampai hari ini (17/1) udah ada 1700-an pengunjung yang datang kesini,” ujar Astried. Dengan adanya pameran ini diharapkan masyarakat lebih mengenal karya-karya arsitektur yang ada.(Hkw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.