Foto oleh Ainun Syahida
Foto oleh Ainun Syahida

MALANG-KAV.10 Acara pengabdian masyarakat pada hari Sabtu (18/1), menjadi agenda terakhir dari rangkaian PK2MABA FISIP (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Universitas Brawijaya tahun 2013. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sejalan dengan tema PK2MABA FISIP tahun 2013 yakni Kepedulian Sosial. Sebanyak sepuluh kelompok besar maba 2013 secara serentak melakukan pengabdian masyarakat di sepuluh tempat yang berbeda. Pengabdian masyarakat kali ini dilakukan di beberapa SD, TK, panti asuhan, pesantren, hingga balai tani. Semua lokasi berada di sekitar Malang Raya.

Menurut Ketua Pelaksana PK2MABA FISIP UB 2013, Furqanda Labarza, tujuan dari dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk lebih menumbuhkan rasa kepedulian sosial. Ia menyatakan pengabdian masyarakat kali ini atas nama mahasiswa FISIP, tidak hanya maba 2013 saja. Sebab tahun ini panitia juga ikut melaksanakan pengabdian masyarakat di sebuah pondok pesantren. “Jadi total kemarin kita pengmas di 11 tempat yang berbeda,” ungkapnya. “Harapan dari adanya pengabdian masyarakat ini, semoga kepedulian sosial yang kita tanamkan bersama bisa terus ada dan meresap ke semua maba dan panitia PK2MABA.” Untuk tahun selanjutnya, ia berharap pengabdian masyarakat bisa dilaksanakan juga. Selama acara pengabdian masyarakat berlangsung Furqanda mengaku tidak ada kendala, “Justru asyik. Selain itu, pengabdian masyarakat ini juga memberikan atmosfer yang berbeda. Antara maba dan panitia tidak ada kesenjangan. Ketika turun untuk pengabdian masyarakat semua menyatu, atas nama seluruh mahasiswa FISIP.”

Mahasiswa FISIP angkatan 2013 mendapat kesan yang beragam dari adanya pengabdian masyarakat ini. Salah satunya Fani Annab dari kelompok 3 yang melakukan pengabdian masyarakat di SD Tunjung Sekar II Malang. “Kesannya, menyenangkan dan bermanfaat sekali,” kata Fani. Di sana ia dan kelompoknya melakukan sosialisasi, memberi motivasi, menanam bibit Toga (tanaman obat keluarga), dan bermain bersama anak-anak.

Sedangkan Nur Alfi Maula Devi dari kelompok 1 merasa senang bisa mengikuti pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Siti Hajar Malang, salah satu tempat acara pengabdian masyarakat. Ia dan kelompoknya mengadakan motivasi dan beberapa permainan, “Seru! Aku suka anak kecil dan saat itu bisa main-main bareng. Terus seneng, bisa memberi sedikit kebahagiaan buat mereka.”

Salah satu pengurus Panti Asuhan Siti Hajar, Ma’ruf Effendi yang lebih sering dipanggil Abah Ma’ruf, mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya pengabdian masyarakat tersebut. “Semoga apa yang dibawa dan diberikan oleh mahasiswa pada pengabdian masyarakat ini, bisa merubah kehidupan anak-anak panti asuhan menjadi lebih baik di kemudian hari.” ujar Abah Ma’ruf.(ain) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.