MALANG – KAV.10 Berbeda dengan hari pertama, berlangsungnya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2Maba) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) hari kedua pada Sabtu (7/9) tidak dikendalikan lagi oleh panitia PK2Maba fakultas. Pemandangan ini memang tampak berbeda di saat fakultas lain di UB masih memberlangsungkan PK2Maba fakultas, FT telah mengambil START untuk mengadakan Ospek Jurusan (Osjur).

“Alasan FT melaksanakan Osjur hari ini karena kami ingin lebih fokus terhadap jurusan masing-masing,” tutur Alvin Wahid Pratama selaku Ketua Pelaksana (Kapel) Osjur Teknik Pengairan saat ditemui di Kafetaria FT usai memberikan sambutannya di hadapan mahasiswa baru (Maba) Jurusan Teknik Pengairan. Hal yang paling menyolok dari Osjur Teknik Pengairan FT ialah atribut yang dikenakan para Maba jurusan tersebut tidak lagi identik dengan warna khas FT yaitu biru muda. “Jurusan Teknik Pengairan menggunakan warna hijau yang melambangkan lumut. Kenapa lumut? Karena lumut merupakan tumbuhan perintis sehingga melambangkan Jurusan Teknik Pengairan UB sebagai jurusan perintis dan satu-satunya di Indonesia,” ungkap Alvin.

Menurut mahasiswa berkacamata itu, tidak hanya Jurusan Teknik Pengairan yang tidak mengenakan atribut warna biru muda, Jurusan Teknik Sipil juga menggunakan atribut berbeda dengan warna biru tua. Meskipun begitu, Alvin menambahkan bahwa itulah indahnya FT, berbeda warna atribut tapi loyalitas tetap terjaga. Selain mengenakan atribut dengan warna yang berbeda, Jurusan Teknik Pengairan juga tidak tampak mengikuti LONGMARCH yang rutin dilakukan Maba FT setiap sebelum mengawali serangkaian acara PK2Maba. Saat dikonfirmasi, Kapel Jurusan Teknik Pengairan menegaskan bahwa LONGMARCH tidak sesuai dengan mereka sebab mereka tidak ingin menunjukkan ego dengan kegiatan tersebut. Seirama dengan Jurusan Teknik Pengairan, tiga jurusan lain di FT yaitu Jurusan Teknik Kimia, Arsitek serta Perencanaan Wilayah dan Tata Kota (PWK) juga tidak mengikuti LONGMARCH. (aam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.