ANDROID FIA, FOKUS PADA PEMBENTUKAN KARAKTER

MALANG-KAV.10 Seperti pada tahun sebelumnya, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) selalu mengambil tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun ini, PK2MABA FIA mengambil tema ‘Android’ (Ajang Entepreneur, Edukasi, Religius, Organisatoris, Intelektual dan Budaya). Berdasarkan tema tersebut, Ketua Pelaksana (Kapel) PK2MABA FIA menyatakan bahwa pendidikan karakter merupakan konsep utama dari PK2MABA tahun ini. Maka karena itu, panitia tahun ini menghindari adanya praktek bullying pada PK2MABA tahun ini. “Memang arahan dari rektorat, tidak ada lagi yang namanya bullying,” tegas Tio, Kapel PK2MABA FIA.

Tahun ini, panita PK2MABA FIA mencoba mengurangi hal-hal yang kurang substantif dan yang kurang penting. Sehingga fokus panitia tahun ini adalah memperbaiki fungsi dari panitia itu sendiri sebagai fasilitator mahasiswa baru dalam pembentukan karakter. Panitia juga ingin mencoba mengerti kondisi para mahasiswa baru yang mengikuti acara, sehingga tugas-tugas yang dianggap memberatkan mahasiswa baru dikurangi. “Yang ingin kita sampaikan adalah tugas-tugas yang punya esensi,” jelas mahasiswa Perpajakan 2011 tersebut. Hal itu terbukti dengan pemberian tugas untuk membuat maket gedung dan struktur organisasi FIA. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa baru dapat lebih mengenal tempatnya berkuliah serta jajaran pengurus FIA.

Tarian Gambyong Meriahkan PK2MABA

Acara PK2MABA FIA dimulai pada Pukul 05.15 WIB dan diawali dengan upacara pagi pada Pukul 06.00 WIB. Acara pada pagi itu juga dimeriahkan oleh penampilan ‘Tari Gambyong Pare Anom’ dari Sanggar Seni Mahasiswa (SSM) FIA. Penampilan sempurna dari 2 penari tersebut ternyata dipersiapkan hanya 1 hari sebelum acara. “Persiapannya hanya 1 hari karena baru dikasih tahu kemarin (5/9),” terang Mega, salah satu penari SSM FIA. (teo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.