Foto. Penampilan Paduan Suara FMIPA (foto oleh Anggria)
Foto. Penampilan Paduan Suara FMIPA
(foto oleh Anggria)

MALANG – KAV.10 Pormaba (Pekan Olahraga Mahasiswa Baru) Fakultas MIPA Universitas Brawijaya telah usai digelar. Even yang berlangsung sejak Maret hingga Juni 2013 ini akhirnya ditutup dengan acara pentas seni bertemakan Art, Music, and Culture Festival dengan nama acara OCTAV 2013 yang digelar pada Kamis (27/6) mulai pukul 18.40 – 24.00 WIB di Gazebo Universitas Brawijaya (UB). Sudah menjadi agenda tahunan bagi LSO Seni dan Olahraga (Sobat) FMIPA mengadakan even serupa setiap tahunnya.

“Acara ini membutuhkan kepanitian yang panjang, mengingat waktu pelaksanaannya yang panjang pula. Mulai dari pembukaan Pormaba di hutan MIPA, tahap penilaian Pormaba, RTP (Road to Pensi) dan malam ini puncaknya,” ujar Prastiwa Dwi Angga Pribadi, ketua pelaksana OCTAV. Alasan pengambilan tema culture sebagai salah satu jargon acara ini, menurut Prastiwa, karena keinginan panitia untuk menggali potensi dan kekayaan khazanah budaya nusantara yang mulai tenggelam ditelan arus modernisasi.

Tidak hanya para peserta pormaba, mahasiswa FMIPA UB ataupun mahasiswa UB lainnya yang hadir, beberapa mahasiswa dari universitas-universitas lain seperti ITS, UNEJ, UNAIR, dan UM pun ikut menyaksikan acara tersebut. “Mahasiswa dari universitas lain tahu dari jarkoman teman. Lagipula acara yang konsepnya sporty ini memang bertujuan untuk penguatan lingkar kebersamaan, terutama antarfakultas di UB dulu. Kita tahu sendiri bahwa mahasiswa MIPA setiap harinya disibukkan dengan laporan, mungkin agak susah untuk bisa menyatukan para mahasiswa MIPA baik dengan mahasiswa MIPA sendiri atau dengan mahasiswa fakultas lain. Jadi salah satu caranya ya dengan even seperti ini” jelas Prastiwa di tengah-tengah wawancara.

Delapan stand di sisi kanan kiri panggung utama pensi juga siap memanjakan para pengunjung acara OCTAV. Tujuh stand diisi oleh tujuh jurusan di Fakultas MIPA UB yaitu: Matematika, Statistika, Fisika, Geofisika, Instrumentasi, Kimia, Biologi; dan satu stand diperuntukkan bagi panitia. Setiap jurusan tersebut diberi kebebasan oleh panitia dalam eksplorasi stand mereka, asalakan tidak melencang dari tema besar untuk mengusung konsep culture.

Acara yang dimeriahkan oleh beberapa artis Kota Malang seperti Bayu Skak sebagai pembawa acara sekaligus bintang tamu, kemudian Knee n’ Toes, Yohana X-Factor, The De Papepe, dan Orkes Hankestra. Selain penampilan dari para bintang tamu tersebut, penampilan tak kalah menarik juga dipersembahkan oleh grup akustik MIPA, paduan suara, penampilan tari Banyuwangi, tari Piring, dan modern dance performance dari Sobat. Acara dibuka dengan penampilan menngagumkan dari tim paduan suara Fakultas MIPA. “Tim paduan suara ini sudah punya nama di lingkup Universitas, di lingkup nasional pun pernah menjadi juara 3 di ITB,” ujar Joseph, mahasiswa Matematika angkatan 2011 sebagai salah satu anggota tim paduan suara.

Bukan sekedar malam seni, even ini juga menjadi even yang ditunggu-tunggu karena merupakan pengumuman lomba-lomba olahraga yang dilaksanakan kurang lebih empat bulan, serta pengumuman bagi tiga besar lomba akustik, dance dan homeband. (aam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.