Seribu Tanda Tangan untuk Selamatkan Lingkungan

Salah Satu Staf Ahli PR III Sedang Menandatangani Kain Putih Secara Simbolis Foto oleh Icha Ratnasari
Salah Satu Staf Ahli PR III Sedang Menandatangani Kain Putih Secara Simbolis
Foto oleh Icha Ratnasari

MALANG-KAV.10 Himpunan Mahasiswa (Hima) Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Universitas Brawijaya (UB) melakukan aksi damai Rabu (5/6). Aksi ini diadakan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup yang jatuh pada hari ini. Peserta aksi melakukan longmarch dari stadion brawijaya dan berhenti di Jalan Veteran. Kain putih berisikan seribu tanda tangan menjadi saksi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Dalam aksinya, Hima PWK mengambil beberapa tema, diantaranya perubahan iklim, hingga perubahan penggunaan lahan dan pembangunan yang berkelanjutan. Bibit tanaman juga dibagikan sebagai simbol kepedulian terhadap lingkungan. Sepanjang perjalanan, peserta aksi mengambil sampah yang berserakan. “Kami ingin mahasiswa juga mengerti kalau sampah harus dibuang pada tempatnya,” ujar M. Sony Nugraha selaku ketua Hima PWK.

Pihaknya juga meminta seribu tanda tangan dari masyarakat sekitar. Seribu tanda tangan tersebut dijadikan bukti konkrit kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. “Kami mengharapkan beberapa kata dan tanda tangan dari masyarakat sendiri sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan,” tutur mahasiswa angkatan 2010 ini.

Aksi ini mendapat perhatian dari staf ahli Pembantu Rektor (PR) III, Imam Santoso. Secara umum, universitas mendukung kegiatan seperti ini karena kegiatan ini bisa mempelopori kampus yang indah dan nyaman. Ini merupakan kegiatan konkrit yang dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. “Di internal UB kita harus peduli lingkungan dan kita juga mengajak orang lain untuk peduli lingkungan,” ucap pria berkumis ini sambil tersenyum. (Van/Cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.