Foto. Suasana rapat besar PKK Maba FISIP (foto oleh Anggria)
Foto. Suasana rapat besar PKK Maba FISIP
(foto oleh Anggria)

MALANG- KAV.10 Usai Ujian Akhir Semester (UAS), kesibukkan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mulai tampak dalam mempersiapkan PK2 (Pengenalan Kehidupan Kampus) bagi para mahasiswa baru tahun akademik 2013-2014. Panitia PK2 Maba FISIP yang telah melalui tahap screening pada tanggal 21 dan 22 Juni lalu, menggelar rapat besar perdana pada Kamis (27/6) bertempat di GKB (Gedung Kuliah Bersama). Rapat yang berlangsung sejak pukul 15.00 WIB tersebut dihadiri oleh panitia inti, SC (Steering Committee), Presiden BEM FISIP dan DPM FISIP.

“Panitia PK2 Maba itu pasti beda dengan panitia-panita lain. Perbedaannya apa? Panitia PK2 Maba pasti datang sebelum rapat dimulai. Karena panitia ini melalui tahap seleksi yang rumit” ungkap Andi Ilman Hakim, Presiden BEM FISIP selaku Badan Pengawas Panitia PK2 Maba FISIP.

Andi juga menegaskan dalam sambutannya dalam rapat tersebut bahwa memutuskan menjadi panitia berarti siap disibukkan selama satu semester, hal itu hukumnya wajib. Selain itu, menurut Andi, panitia PK2 Maba FISIP merupakan gambaran dari mahasiswa baru FISIP nantinya karena perilaku mahasiswa baru berarti refleksi dari perilaku panitia juga.

Tidak ada satu divisi pun dalam kepanitian ini yang dikatakan enak ataupun tidak enak. Hal itu sempat disinggung Andi serta memperingatkan attitude panitia, utamanya panitia yang langsung bersinggungan dan memobilisasi mahasiswa baru. “Salah satu penyakit panitia adalah ingin eksis. Saya hanya mengharapkan, siapa yang datang hari ini akan bertemu di akhir kegiatan pada acara penutupan” tutur Andi dalam mengakhiri sambutannya.

Rapat besar tersebut dilanjutkan dengan pembacaan tata aturan panitia PK2 Maba FISIP oleh steering commitee, sambutan dari panitia pengawas yang berasal dari DPM, kemudian panitia dikelompokkan setiap divisi untuk melakukan rapat spesifik. “Dalam kepanitiaan PK2 Maba FISIP ini terdapat 196 panitia inti dan 7 steering commitee. Panitia inti terdiri dari ketua pelaksana, sekretaris, bendahara, dan divisi-divisi yaitu acara, PDD, korlap internal, korlap eksternal, perlengkapan, transportasi, fasilitator, dan kesekretariatan” jelas Furqonda Labarza, Ketua Pelaksana PK2 Maba FISIP 2013.

Menurut Forqonda, rapat besar ini bertujuan sebagai pengenalan, pengompakkan, dan pengenalan job desk awal. “Konsep utama PK2 Maba 2013 kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya, hanya ada evaluasi-evaluasi dari tahun sebelumnya” tambah Furqonda di sela-sela wawancara.

Rapat besar ini akan berlangsung secara bertahap namun belum dijadwalkan waktunya. Forqonda juga menegaskan adanya punishment berupa denda bagi panitia yang terlambat datang saat rapat. (aam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.