Foto 1. Syariful Muttaqin saat membacakan SK Rektor (oleh Fakhrudin)
Foto 1. Syariful Muttaqin saat membacakan SK Rektor
(oleh Fakhrudin)

MALANG-KAV.10 Prof. Francien Herlen Tomasowa, P.hd. resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Hal tersebut diumumkan secara langsung (31/5) oleh Kepala Jurusan Bahasa dan Sastra, Syariful Muttaqin, M.A. saat membacakan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 273/SK/2013 yang berisi pemberhentian saudari Francien Herlen Tomasowa secara hormat di depan puluhan mahasiswa FIB.

Namun, kejadian unik yang bertempat di depan gedung FIB terjadi saat pembacaan SK Rektor tersebut, tiba-tiba huruf “F” terjatuh dari rangkaian tulisan “Fakultas Ilmu Budaya” yang tepasang di dinding atas Gedung FIB. Serentak kejadian itu membuat kaget sebagian mahasiswa. Huruf F yang jatuh tersebut lantas diartikan sebagai lengsernya Francien dari jabatannya sebagai Dekan FIB. ‘’Ini simbol dari turunnya Francien, tuhan aja tahu kezaliman yang diperbuat oleh Francien,’’ ujar salah seorang staf FIB.

Setelah pembacaan SK Rektor, Syarif mengajak seluruh civitas akademika untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas keberhasilan aksi demonstrasi yang terjadi Rabu (29/5). Setelah selesainya tuntutan penurunan Dekan FIB, maka secara simbolis, Syarif melepas salah satu atribut berisi pencopotan Francien sebagai Dekan FIB yang tertempel didinding depan gedung FIB. Hal tersebut, lalu diikuti puluhan mahasiswa yang berada pada saat itu.

Sementara itu, untuk mengisi kekosongan posisi Dekan FIB setelah pemberhentian Francien, Rektor Yogi Sugito menunjuk Prof. Dr. Ir Bambang Suharto, MS.I sesuai dengan SK Rektor Nomor 274/SK/2013 sebagai Dekan FIB sementara sejak 30 Mei 2013 sampai terpilihnya Dekan FIB yang baru. (din)

Foto 2. Salah seorang staf FIB memperlihatkan potongan huruf “F” yang jatuh saat pembacaan SK Rektor oleh Syariful Muttaqin (oleh Fakhrudin)
Foto 2. Salah seorang staf FIB memperlihatkan potongan huruf “F” yang jatuh saat pembacaan SK Rektor oleh Syariful Muttaqin
(oleh Fakhrudin)

2 COMMENTS

  1. He he he.. FIB tambah ruwet sekarang, ternyata gugatan PTUN Francien dikabulkan oleh PTUN Surabaya, sehingga pencopotannya cacat hukum… masa depan FIB jadi tambah Gejeeeee…….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.